Awal terbentukmya DISPSIAU ini karena adanya kebutuhan akan mengatasi kasus dalam operasi penerbangan. 1 Agustus 1951 merupakan Hari Jadi DISPSIAU. DISPSIAU diawali dari jawatan kesehatan dibawah TNI-AD
DISPSIAU memiliki 4 subdis (Sub Dinas), berikut penjelasannya:
- Subdis Psikologi Penerbangan, yang bertugas untuk mengadakan seleksi bagi calon-calon penerbang (Akademi AU dan Sipil: penerbang-penerbang Perwira Ikatan Dinas), melaksanakan dukungan latihan penerbang (Counseling, Splitting, dan Training). Dalam Subdis Psikologi Penerbangan ini terdapat 2 bagian Subdis, yaitu:
- Seksi SELKLASEV PKMU, dalam bagian ini terdapat 2 sub seksi yaitu Sub Seksi Seleksi dan Klasifikasi PKMU serta Sub Seksi Evaluasi Psikologi PKMU.
- Seksi DUKPSI PKMU, bagian ini bertugas untuk melakukan ranah seleksi PNB, Dukungan Pendidikan Penerbangan, Dukungan Operasi Penerbangan, dan Kegiatan Uji Human Factors. - Subdis Psikologi Personel, yang bertugas untuk melakukan Flying Psychologist, melakukan Penelitian Tes Kecerdasan Emosi, mengumpulkan data dengan melakukan tes kecerdasan emosi, dan memberikan konsultasi.
- Subdis Psikologi Pendidikan, yang bertugas untuk pemeriksa psikologi dan memberi pelatihan yang berupa tes lapangan, serta memberi dukungan dengan kegiatan konsultasi, memberi pengajaran. Subdis ini pun melaksanakan seleksi, klasifikasi, dan eveluasi pada para calon siswa.
- Laboraturium Psikologi Penerbangan, untuk menyeleksi petugas khusus dengan tes CAT dan analisa SWOT. Dalam Laboraturium Psikologi Penerbangan ini terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan yang dilakukan yaitu tiga kelas ruang komputer, dua ruang untuk tes tertulis, satu ruangan CCTV, lima ruang diskusi, dan tujuh ruangan untuk melakukan wawancara.
Budaya organisasi dalam DISPSIAU dilakukan pada saat apel (pagi, siang, maupun sore), kegiatan itu bertujuan untuk melihat kesiapan para anggota, dan jumlah para anggota yang masih ada di tempat. Kegiatan tersebut berupa Saptamarga, Sumpah Prajurit, Perintah Harian Kasau, dan Disiplin.
Selain itu, dilakukan juga saling hormat junior dan senior dengan mengucapkan selamat pagi, siang, maupun sore setiap kali bertemu/berpapasan. Dan melakukan tanggung jawab dalam bekerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar